Effective Interviewing Skills
with NLP Approach
The
meaning of the communication is the response you get. Seberapa efektif komunikasi yang kita
lakukan bisa diketahui dari tanggapan kawan bicara kita. Maka keterampilan
berkomunikasi antar pribadi mutlak dimiliki oleh setiap karyawan, mulai dari
staf hingga manajer puncak, agar pesan
yang ingin disampaikan dapat diterima dengan baik oleh kawan
bicara,
terhindar dari kesalahpahaman dan salah pengertian, bahkan
mampu mencerminkan citra perusahaan yang baik pula.
Berbeda dengan pelatihan komunikasi yang lain, pelatihan komunikasi ini
menggunakan pendekatan Hypnotherapy
(mengoptimalkan pikiran bawah sadar) dan
NLP (Neuro-Linguistic Programming) sehingga dapat meningkatkan kemampuan komunikasi, baik dalam dialog/interview maupun di
depan publik, dengan Gaya Persuasif.
Melalui
pelatihan ini diharapkan para peserta tidak hanya mendapat
pemahaman baru mengenai ketepatan interview dan teknik-teknik praktis agar
mampu melakukan interview dengan baik, namun juga mampu menginspirasi kawan bicara, baik
sebagai atasan, counselor maupun coach, bagi karyawan-karyawannya.
OBJECTIVES
1.
Peserta menguasai teknik untuk
meningkatkan percaya diri secara cepat, mudah dan elegan.
2.
Peserta menguasai cara untuk berkomunikasi sehingga
pesan yang disampaikan tidak hanya kepada Pikiran Sadar kawan bicara, namun
sampai kepada Pikiran Bawah Sadarnya.
3.
Peserta memahami Hypnotic Language Pattern (Pola
Bahasa Hypnotic)
4.
Peserta mampu membangun percakapan yang menyenangkan dan
berbobot.
5.
Peserta memahami prinsip dasar
interview/konseling
6.
Peserta memahami cara
mendeteksi kejujuran
7.
Peserta memahami cara berkomunikasi sesuai
dengan “bahasa” yang disukai kawan bicara
8.
Peserta memahami membaca
(mengkalibrasi) bahasa tubuh kawan bicara
9.
Peserta memahami cara
membingkai ulang pesan dari kawan bicara untuk kepentingan konseling maupun Coaching
10. Peserta memahami bahasa-bahasa
persuasif yang inspiratif
OUTLINE MATERI :
1. Pengetahuan tentang mekanisme Pikiran dalam menerima informasi
2.
Teknik dasar Interview ala NLP (Neuro-Linguistic Programming)
3.
Teknik membangun Rapport sebelum, selama
dan setelah interview
4.
Teknik membaca kejujuran dan pemanfaatan
“Learning Channel” kawan bicara
5.
Teknik mendengarkan secara aktif disertai
pembingkaian ulang pesan dari kawan bicara
6.
Teknik membaca Pola Pikir kawan bicara
dengan mengkalibrasi bahasa tubuh
7.
Teknik mengubah “mood” dengan mudah, cepat,
dan elegan, tanpa terdeteksi kawan bicara
8. Teknik meng”attach” pesan-pesan persuasif-inspiratif tanpa terdeteksi kawan
bicara
Peserta : Para
karyawan yang terkait dengan tugas jabatannya harus melakukan proses interview,
seperti bagian rekrutmen, analis kredit, atau manajer-manajer yang biasa
melakukan coaching & counselling.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar