Business Protocol,
Etiquette, And Professional Master Of Ceremony
ABSTRACT
Citra perusahaan disertai dengan
penampilan dan kualitas perusahaan menjadi syarat mutlak yang diperlukan untuk
dapat bertahan menghadapi persaingan ketat di era globalisasi. Sebagai bagian
penting dari sebuah perusahaan, Public Relations atau Protokoler dituntut untuk
mampu menjalankan tugas sebagai protocol, evisitor handling, berbicara di depan
publik dengan penampilan yang prima, dan mencerminkan kualitas profesional
sesuai tuntutan perusahaan. Protokoler (hubungan masyarakat) telah menjadi
bahan yang tidak terpisahkan dari aspek komunikasi lainnya seperti pemasaran,
promosi, iklan dan penjualan. Protokoler atau Public Relations merupakan
fenomena dan sekaligus kebutuhan yang mutlak harus dipenuhi dalam dunia usaha
maupun organisasi lainnya. Kegiatan protokoler yang meliputi berbagai fungsi,
konsep, dan teknik-teknik pelaksanaannya telah berkembang menjadi ‘suatu
lembaga’ yang dianggap harus ada untuk mendampingi organisasi, apapun bentuk
organisasi tersebut. Gagalnya suatu kegiatan protokoler akan berdampak negatif
pada citra perusahaan yang berarti gagalnya PR perusahaan.
Menghadapi hal tersebut, sudah
seharusnya perusahaan mempersiapkan SDM yang profesional, kompeten, dan siap
bersaing baik di lingkungan internal maupun eksternal, serta nasional maupun
internasional. Salah satunya adalah up-grade kemampuan/skill SDM melalui
program pelatihan. Pelatihan ini didesain secara khusus supaya setelah
mengikuti pelatihan ini, peserta dapat memahami bagaimana menjadi protokoler
handal dan kemampuan berkomunikasi di depan publik.
OBJECTIVES
1.
Memahami Undang-Undang Keprotokolan Terbaru
2.
Mampu menjadi Protokoler profesional, dengan
pandai mengelola dan mengatur Tata Tempat, Tata Penghormatan, Tata Upacara, dan
mengelola tamu pejabat, tamu asing baik acara forum nasional maupun
Internasional, memahami etika pergaulan dan budaya Nasional & Internasional
sekaligus memiliki kepribadian menarik dan menyakinkan dalam berbagai acara,
baik acara resmi maupun acara tidak resmi.
3.
Mampu menguasai teknik berbicara dengan
menerapkan bahasa yang baik dan benar serta sikap tubuh yang meyakinkan.
4.
Mampu merencanakan, menyusun konsep acara, dan
dapat secara langsung mempraktekkannya dengan baik.
5.
Mampu menjadi protokoler yang berhubungan dengan
MC, bisa mempersiapkan secara keseluruhan acara atau event yang diselenggarakan
mitra/perusahaan/lembaga (MOU, Seminar, Forum Formal), mencakup jadwal acara,
layout ruangan dan teknis lainnya.
OUTLINE
1. Corporate Image
Identity
•
Membentuk Opini Publik
•
Membentuk Citra Perusahaan/ Lembaga / Institusi
•
Sifat Dari Opini Public
2. Pengertian
Protokoler dan Teknik menyusun acara, dalam hubunganya dengan kegiatan PR
•
UU Keprotokolan dan perkembangannya
•
Ruang Lingkup Tugas Kegiatan Protokol.
•
Pemahaman Tentang Tatatertib Dan Etiket
Ke-Protokoler-An
•
Tata Krama Pergaulan Bisnis, Dasar Pelaksanaan
Protokol
3. Business
Etiquette & Visitor Handling
•
Excellent Performance
•
Difference Cultural Value
•
Professional Business Etiquette
•
Business Appearance
•
Proffesional Dresscode
•
Table Manner
4. Persiapan menjadi
MC yang handal dan professional
•
Memahami tugas dan tanggung jawab MC dan
Protokoler
•
Memahami Jenis Event Dan Audience
•
Mempelajari Dan Mencari Referensi Berkaitan
Dengan Tema Event
5. Ketrampilan
Public Speaking Sebagai MC
•
Public Speaking Yang Efektif
•
Pemilihan Dan Penyusuan Kalimat Kunci
•
Olah Vocal Dan Intonasi
6. Body Language
•
Ketrampilan Komunikasi Melalui Bahasa Tubuh
•
Ketrampilan Membaca Bahasa Tubuh Audience
7. Hambatan
–Hambatan Dalam Membawakan Acara Dan Teknik Mengatasinya
•
Berbagai Jenis Gangguan Sebagai MC Dan Cara
Mengatasinya : Sebelum Acara, Saat Acara
Dan Sesudah Acara Berlangsung
•
Teknik Mengatasi Blocking Situation
PARTICIPANS
Pelatihan ini sangat sesuai diikuti oleh:
•
Staf dan Manajemen Di Bagian Protokoler, Humas,
Public Relation
•
Sekretaris, Personal Assistante, dan
Administrative Assistant
•
Karyawan di Bagian Front Liner
•
Corporate Secretary, Corporate Communications,
dan Para Manajer ataupun Supervisor dari
Berbagai Bidang.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar