Design
and Implementation of Supply Chain Management in Industry
Deskripsi
Kemajuan
teknologi informasi membawa perubahan yang sangat signifikan terhadap dunia
industri. Seluruh bisnis berorientasi pelanggan, harga murah kualitas tinggi,
inovasi produk, fleksibilitas dan kreativitas dunia industri dipertaruhkan,
untuk itu proses produk dari upstream sampai downstream harus dipikirkan oleh
perusahaan sehingga hasil yang diberikan terhadap pelanggan menjadi layak. Oleh
karena itu persaingan dimasa yang akan datang tidak lagi merupakan persaingan
antar perusahaan saja. Tetapi antar supply chain. Artinya hanya supply chain
yang dapat memebrikan nilai maksimal bagi pelanggannya yang akan unggul. Oleh
karena itu, kemampuan mengelola seluruh rangkaian “rantai” bisnis (supply
chain) dewasa ini menjadi sangat penting.
Supply
Chain Management (SCM) adalah “pola pikir” yang melihat bisnis sebagai
rangkaian terpadu dari proses-proses bisnis mulai dari pemasok (suppliers)
sampai end users (Pelanggan). SCM tidak otomatis tercapai melalui penguasaan
atau kepemilikan atas seluruh SCM. SCM juga bukan sekedar sebagai penanganan
masalah logistik tetapi bagaimana mengevaluasi dan mengukur kinerja dari setiap unit (Aliran inforrmasi,
barang, bahan, finansial dll) serta dicara solusinya sehingga dihasilkan suatu
produk yang sesuai dengan pelanggan.
MATERI
KURSUS
- SCM: Konsep dan evolusi pola pikir dalam manajemen
- Relevansi SCM dalam menghadapi tantangan bisnis masa kini
- Game: Simulation
- Mengelola distorsi di sepanjang supply chain
- Menyesuaikan strategi supply chain dengan strategi bisnis
- Transportation and Distribution Management
- Inventory and Warehouse Management
- Supply Chain Metrics: Ukuran kinerja / keberhasilan SCM
- Studi kasus: kisah-kisah sukses dalam penerapan SCM
- Supply Chain Management Based JIT Production System
PESERTA
:
Supervisor,
Staf Bagian Logistic, Bagian pembelian, Bagian Pergudangan dan yang terkait
dengan SCM
Tidak ada komentar:
Posting Komentar