Outbound di Jogja

Outbound di Jogja
Looking for Outbound Training

Kamis, 05 Desember 2013

EFFECTIVE LEADERSHIP



EFFECTIVE LEADERSHIP

DESKRIPSI
Menurut mario Teguh untuk menjadi Pemimpin yang efektif adalah sebagai berikut :
  1. Seorang pemimpin adalah seorang penjual harapan, melalui kejelasan visi dan kekuatan misi.
  2. Pastikanlah bahwa tindakan kita berorientasi kepada kepentingan bagi kebaikan yang kita pimpin.
  3. Bagi seorang pemimpin – menjadi yang dipercaya adalah hadiah yang lebih baik dari apapun.
  4. Siapapun akan mencapai kepantasan sebagai seorang pemimpin, bila ia membiasakan dirinya untuk meninggikan orang lain, tanpa merendahkan dirinya sendiri.
  5. Membuat Orang lain merasa lebih percaya diri dalam kepemimpinan Anda, maka Anda adalah seorang pemimpin yang berwibawa.
  6. Semua pemimpin yang berhasil membangun kebesaran organisasinya, selalu adalah pemimpin yang dekat dengan mereka yang dipimpinnya.
  7. Kembangkanlah praktik-praktik kepemimpinan dan proses operasi yang membangun keceriaan dan keleluasaan untuk mencapai hasil lebih.
  8. Menjadikan dirinya sendiri sebagai contoh utama dalam menerima cara-cara yang lebih baik, yang diungkapkan oleh orang yang dipimpinnya
  9. Pemimpin memulai perbaikan dari dirinya sendiri.
Jika anda saat ini menjadi suatu manajer suatu organisasi dan Anda merasa sedikit saja atau bahkan tidak ada anggota tim yang mau mengikuti Anda,  maka mungkin Anda hanya sekedar Manajer dan bukan Pemimpin yang efektif. Banyak kejadian dimana pimpinan yang membuat program atau proyek prestisius tapi tidak didukung oleh sebagian besar jajaran di bawahnya yang justru terdiri atas orang-orang yang memiliki kemampuan yang tinggi.
Seringkali terdengar ada seorang manajer menggunakan unsur tekanan (marah-marah) dan atau menjanjikan bonus jika target tercapai. Ini adalah teknik klasik carrot and stick untuk memotivasi. Ancaman terhadap penurunan jabatan atau pemotongan penghasilan tentu secara spontan akan menghasilkan reaksi. Tergantung bargaining position, apabila karyawan tidak memiliki pilihan dan tidak ada yang memperjuangkan, maka mungkin karyawan tersebut akan terpaksa mengikuti. Apabila karyawan ditawari oleh perusahaan lain suatu pekerjaan yang lebih menarik, tentu karyawan itu akan pindah. Metode ini tidak akan bertahan lama.
Bonus besar awalnya menarik, namun akan kurang menarik setelah beberapa waktu karena biasanya diberikan hanya kepada segelintir orang. Jika motivasi tim saat ini adalah bonus, mungkin untuk awalnya dapat diberikan. Tapi sebaiknya segera diganti dengan motivasi yang lain. Kebutuhan manusia semakin lama semakin besar dan manusia tidak akan pernah terpuaskan. Suatu bonus tertentu lama-kelamaan akan tidak lagi bisa memotivasi, perlu bonus yang lebih besar.
Pemimpin yang efektif menggunakan metode yang lebih maju. Mereka lebih banyak mengandalkan inspirasi (bukan tekanan atau bonus). Mereka memberi inspirasi kepada orang untuk mencapai tujuan yang sama sekali tidak terbayangkan dan terpikirkan sebelumnya. Mereka menginspirasi secara tulus, ikhlas, dan secara kekeluargaan. Para pemimpin seperti inilah sebenarnya yang mempunyai pengikut.
Inspirasi yang biasa dilakukan adalah kebanggaan atas tercapainya target. Inspirasi lain yang bisa dilakukan adalah dengan memberi keyakinan kepada karyawan bahwa mereka dapat memiliki kemampuan yang jauh lebih baik dengan memberikan tips dan langkah-langkah yang harus mereka pelajari dan lakukan. Inspirasi ini akan membawa suatu proses tim building yang lebih baik karena lebih cepat mengarahkan pada fase perform dimana tim sudah mandiri dan mampu mengasilkan produk yang berperforma tinggi.

Materi Pelatihan :

1.    Definisi Pemimpin

  1. Arti Penting Kepemimpinan
  2. Gaya Kepemimpinan

4.    Pengaruh Kepemimpinan di dalam suatu kegiatan dan Proyek

  1. Peran Kepemimpinan Pada Organisasi Masa Depan
  2. Tantangan Kepemimpinan : Ciri Khas Kepemimpinan Yang di kagumi
  3. Menjadi Pemimpin Yang “Bintang”
  4. Menjadi Pemimpin Yang berpengaruh

9.    Metode Kepemimpinan yang Dianggap Kurang Efektif

10. Elemen Utama Kepemimpinan yang Efektif : Vision, Knowledge, Self Awareness, Communication, Energy, Goals dan Action

  1. Bekal seorang pemimpin yang efektif  :
·               Memiliki Kharisma
·               Memiliki Visi
·               Memiliki Kepercayaan diri
·               Memiliki Keberanian
·               Memiliki kemampuan mempengaruhi orang lain
·               Mampu Membuat Strategi dan Penyelesaian Masalah
·               Memiliki Moral yang Tinggi
·               Mampu menjadi Mediator
·               Mampu menjadi Motivator
·               Memiliki Rasa Humor

Tidak ada komentar: