SERTIFIKASI TRAINING OF
TRAINER (TOT)
Sertifikasi BNSP/
Badan Nasional Sertifikasi Profesi
Dewasa ini menjadi
naluri globalisasi, dimana lisensi pengakuan kompetensi menjadi persyaratan
utama dalam persoalan Sumber Daya Manusia sudah merambah tuntutan persyaratan
sertifikasi terhadap profesi individu. Kini, betapapun seseorang mengklaim
dirinya seorang ahli dan jagoan di bidangnya, namun jika tidak terdapat bukti
sertifikasi dari lembaga authoritas maka seseorang tersebut tidak pernah
mendapatkan pengakuan publik.. Itulah kiranya, bagi seorang professional yang
terus sadar untuk mengembangkan karir maka mereka akan senantiasa menyesuaikan
diri dengan tuntutan persyaratan dunia global tersebut. Oleh karena itu, untuk
memberikan penjelasan atau referen yang komprehensif maka website ini akan
memberikan penjelasan ke publik yang sekaligus menfasilitasi untuk menjawab
persoalan dan bagaimana harus bergabung dengan program sertifikasi kompetensi
di bidang Profesi Instruktur. Untuk memudahkan pemahaman, maka kami mencoba
menyusun sistematika dalam berbagai rubrik dan sub-rubrik sehingga target
website ini sampai sasaran, yakni menuju SDM Indonesia kompeten..
Sasaran akhir pengembangan
sumber daya manusia tercermin dari peningkatan akan Pengetahuan Knowledge), Keterampilan
(Skill) Dan Sikap (Attitude). Konsep pelatihan diharapkan bisa merangkum ketiga sasaran
tersebut untuk mendapatkan hasil yang positif. Dalam rangka mencapai keberhasilan transfer knowledge tersebut,
dibutuhkan suatu bentuk kegiatan pembelajaran yang komprehensif yang dikenal
dengan istilah Training of Trainers (TOT). Kegiatan ini sangat penting
untuk meningkatkan kemampuan calon trainer guna menjadi trainer / fasilitator
yang handal sehingga mampu memberikan kontribusinya untuk mencapai target dan
sasaran sesuai dengan yang ditentukan perusahaan. Oleh karena itu, penguasaan
atas pengetahuan konseptual sebagai acuan berpikir seorang trainer yang
merupakan modal dasar untuk mendesain dan merancang program pelatihan harus
terus menerus dilatih. Kualifikasi para pelatih / trainer dalam mendesain
program pelatihan, menyusun bahan ajar, melaksanakan program, berkomunikasi dan
mengarahkan serta kepekaan trainer akan hal-hal yang menonjol dari tiap peserta
agar dapat dimanfaatkan secara maksimal oleh atasannya masing-masing. Penguasaan
atas pengetahuan konseptual sebagai acuan berpikir seorang pelatih, merupakan
modal dasar untuk
mendisain program pelatihan. Harapan manajemen perusahaan (terhadap pelatih)
bertumpu pada
keterampilan pelatih dalam mendisain program pelatihan, berkomunikasi dan
mengajar serta kepekaan
pelatih akan hal-hal yang menonjol dari tiap peserta agar dapat dimanfaatkan
secara maksimal oleh
atasannya masing-masing.
Jika anda berkecimpung dalam bidang pelatihan akan banyak tantangan dalam
aspek sumber dayamanusia. Untuk menjadi seorang pelatih yang sukses, anda
membutuhkan keterampilan khusus. Anda akan mempelajari bagaimana menghasilkan tenaga profesional, pelatihan yang
efektif, mengembangkan sumber daya
manusia. Program
pelatihan dirancang khusus agar peserta memperoleh bekal dalam menyusun program
pelatihan secara
terpadu dalam perusahaan mulai dari perencanaan sampai evaluasi akhir dan
tindak lanjut atas hasil
pelaksanaan program pelatihan tersebut.
Tujuan:
Peserta memahami proses belajar dan
factor-faktor yang mempengaruhi tercapainya sasaran pelatihan
- Memahami pengetahuan konseptual sebagai acuan berpikir seorang trainer untuk program pelatihan orang dewasa
- Memenuhi kebutuhan perusahaan akan instruktur yang berkompeten sesuai Standar SKKNI
- Memahami dasar-dasar keterampilan mendisain, menyelenggarakan serta mengevaluasi metodedan teknik pelatihan manajemen
- Memiliki sikap mental positif bagi seorang trainer yang kreatif
- Peserta mampu memberikan pelatihan dan pembinaan di tempat kerja dan memantau perkembangan kinerjanya
SERTIFIKASI, KUALIFIKASI, DAN MATERI
Setelah
mengikuti training ini, bagi peserta yang dinyatakan lolos kualifikasi akan
mendapatkan sertifikat dari lembaga pelaksana dan sertifikat dari Badan
Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP) melalui LSP (Lembaga Sertifikasi Profesi)
Ikatan Kursus Indonesia.
Dalam
pelaksanaan sertifikasi kompetensi harus mengacu kepada SKKNI No. KEP.
196/MEN/IV/2007 Bidang Asesmen dan Pelatihan dalam 3(tiga) kualifikasi :
- Instruktur Muda
- Instruktur Madya
- Instruktur Utama
Materi Pelatihan :
1. Pre – Assessment
2. Briefing & Introduction
-
Definisi, Latar Belakang, dan Tujuan
Sertifikasi
-
Konsep Kompetensi di masa
mendatang menuju Era Pasar Bebas
-
Keunggulan Sertifikasi dan potensi manfaatnya dimasa depan
3. Kebijakan Sertifikasi Kompetensi Kerja BNSP
-
Dasar
Perundang-undangan
-
Acuan
Uji Kompetensi dan Sertifikasi
-
Metode Uji
Kompetensi
-
Element Uji
Kompetensi
-
Batas
Variabel
4. Aspek-Aspek Psikologi Dalam Training
-
Teknik
Ekspektasi
-
Piramida
Kebutuhan Manusia (Abraham Maslow)
-
Falsafah
Training
-
Tinjauan
Psikologi dalam Training
-
Tanggung
jawab Trainer
-
Fase-fase
Pengelolaan Trainee
5. Aspek-Aspek Tata Kelola Training
-
Pendidikan,
Pengajaran, dan Pelatihan
-
Manajemen
Training
-
Unsur-unsur
Training: Organizing Committee, Trainer, Observer, Materi, Bagan-alir Manajemen
Training,
-
Definisi,
Latar Belakang, Tujuan, Sertifikasi
-
Konsep
Kompetensi dimasa mendatang menuju Era Pasar Bebas
-
Keunggulan
Sertifikasi dan potensi manfaatnya dimasa depan
6. Kompetensi Trainer
-
Pemenuhan
Peraturan Perundangan K3
-
Pengelolaan
Bahan Pelatihan
-
Pengelolaan
Media Pelatihan
-
Merancang
Program Pelatihan
-
Perencanaan
Rangkaian Sesi Pelatihan
-
Penyampaian
sesi Pelatihan
-
Micro
Teaching
-
Analisis
Kebutuhan Pelatihan
-
Menyusun TNA
-
Session Plan
7. Micro Teaching
8. Assesment
NO
|
JUDUL UNIT
KOMPETENSI
|
KUALIFIKASI
|
||
MUDA
|
MADYA
|
UTAMA
|
||
1
|
Membantu Pemenuhan Peraturan
Perundangan K3
|
x
|
x
|
x
|
2
|
Mengelola Bahan Latihan
|
x
|
x
|
x
|
3
|
Mengelola Perlatan Latihan
|
x
|
x
|
x
|
4
|
Merancang Program Pelatihan
|
x
|
x
|
x
|
5
|
Melatih Kelompok Kecil
|
x
|
x
|
x
|
6
|
Merencanakan dan
Mempromosikan Program Pelatihan
|
x
|
x
|
|
7
|
Merencanakan Serangkaian Sesi
Pelatihan
|
x
|
x
|
x
|
8
|
Melaksanakan Serangkaian Sesi
Pelatihan
|
x
|
x
|
x
|
9
|
Melakukan Kaji Ulang Pelatihan
|
x
|
x
|
|
10
|
Melakukan Analisis Persyaratan
Kompetensi
|
x
|
||
11
|
Merancang dan Membangun Sistem
Pelatihan
|
x
|
Metode
Pelatihan :
Metode yang digunakan dalam pelatihan ini adalah Presentation, Game Lektur,
Workshop, Studi Kasus, Konsultasi
Interaktif, Micro teaching, dan Personal
Assessment
Peserta :
- Training Manager, Training Supervisor, Trainer
- Personnel Manager
- Mereka yang mendapat tugas khusus untuk merancang dan mendisain program pelatihan intern perusahaan
- Mereka yang berniat keras untuk meningkatkan diri dalam bidang pelatihan
- Instruktur/Fasilitator intern perusahaan/organisasi
Tidak ada komentar:
Posting Komentar