Outbound di Jogja

Outbound di Jogja
Looking for Outbound Training

Selasa, 25 Maret 2014

Electrical Power System Analysis Using ETAP (Electric Transient and Analysis Program)




ETAP (Electric Transient and Analysis Program) merupakan suatu perangkat lunak yang mendukung sistem tenaga listrik. Perangkat ini mampu bekerja dalam keadaan offline untuk simulasi tenaga listrik, online untuk pengelolaan data real-time atau digunakan untuk mengendalikan sistem secara real-time. Fitur yang terdapat di dalamnya pun bermacam-macam antara lain fitur yang digunakan untuk menganalisa pembangkitan tenaga listrik, sistem transmisi maupun sistem distribusi tenaga listrik. ETAP memiliki 2 macam standar yang digunakan untuk melakukan analisa kelistrikan, ANSI dan IEC. Pada dasarnya perbedaan yang terjadi di antara kedua standar tersebut adalah frekuensi yang digunakan, yang berakibat pada perbedaan spesifikasi peralatan yang sesuai dengan frekuensi tersebut.
ETAP dapat digunakan untuk membuat proyek sistem tenaga listrik dalam bentuk diagram satu garis (one line diagram) dan jalur sistem pentanahan untuk berbagai bentuk analisis, antara lain: Aliran Daya, Hubung Singkat, Starting Motor, Trancient Stability, Koordinasi Relay Proteksi, dan Sistem Harmonisasi. Proyek sistem tenaga listrik memiliki masing-masing elemen rangkaian yang dapat diedit langsung dari diagram satu garis dan atau jalur sistem pentanahan. Untuk kemudahan hasil perhitungan analisis dapat ditampilkan pada diagram satu garis.
Outline :
1.       Komponen elemen AC pada software power station ETAP
2.       Membuat One-Line Diagram menggunakan ETAP
3.       Analisa Aliran Daya (Load Flow Analysis) menggunakan ETAP
4.       Analisa Hubung Singkat (Short Circuit Analysis) menggunakan ETAP
5.       Analisa Motor Starting (Motor Acceleration Analysis) menggunakan ETAP
6.       Analisa Transient (Transient Stability Analysis) menggunakan ETAP
7.       Studi Harmonisasi dan menentukan ukuran Filter (Harmonics Power System)
8.       Praktek :
a)      Membuat One-Line Diagram sederhana
b)      Membuat Composite Network
NB : Peserta wajib membawa laptop

PESERTA :
Pelatihan  ini dirancang untuk individu teknis yang bekerja di bidang Transmisi dan Distribusi. Para Operator, Teknisi, Engineer dan Supervisor yang ingin memahami dan meningkatkan pengetahuan dalam melakukan analisis sistem tenaga listrik.

Tidak ada komentar: