People
Development and Talent Management
Talent Management
adalah suatu sistem strategis yang terstruktur dan terencana dengan terpadu
dimulai dari proses rekrutmen, memelihara sampai mengembangkan karyawan yang
bertalenta. Atau proses perekrutan, pengembangan dan retensi pada karyawan
secara terpadu dalam jangka panjang. Talent management merupakan sebuah proses
untuk mengidentifikasi para karyawan perusahaan yang memiliki kapabilitas untuk
menjadi future leaders/senior managers. Proses identifikasi ini didasarkan pada
dua elemen kunci, yakni aspek kompetensi dan aspek kinerja (performance). Dalam
hal ini, kompetensi dapat diibaratkan sebagai input yang melekat pada
seseorang, dan yang akan membekali dia untuk melakukan tugasnya dengan baik;
sementara aspek performance (kinerja) merupakan hasil nyata (output) dari suatu
pekerjaan. Idealnya, kompetensi dan kinerja (hasil) menjadi dua hal yang
berkorelasi positif. Artinya, jika Anda memiliki kompetensi tinggi, maka hasil
dan target pekerjaan juga dapat dicapai dengan baik.
Selain talent
management, keberhasilan manajemen SDM juga ditentukan dengan sistem yang
dibangun khususnya penekanan pada pengembangan SDM yang bertalenta agar
potensi yang dimiliki secara cepat dan tepat berkembang sesuai dengan kebutuhan
organisasi perusahaan. Prinsip-prinsip People Development sesuai dengan
perkembangan dan paradigma Manajemen SDM terkini harus diterapkan mulai dari
proses paling awal manajemen SDM.
Dalam pelatihan ini
akan dibahas mengenai esensi dan subtansi dan bagaimana mengimplentasikan
secara efektif prinsip-prinsip people development dan talent management yang
diharapkan mampu memberikan perbaikan terhadap manajemen SDM
Outline :
1.
Update Perkembangan Human
Resource Management System.
2. Talent Manajemen
sebagai Pengungkit Kinerja Perusahaan yang Berkelanjutan
3. Prinsip-Prinsip
People Development
4. Proses-Proses dalam
People Development
5. Peran Strategis SDM
dalam Mengembangkan Infrastuktur Organisasi
6. Pengertian Karir
bagi Pegawai
7. Identifikasi dan
Model Kompetensi sebagai Basis Penyusunan Sistem Karir
8. Kamus Kompetensi
dan Level Proficiency Competency
9. Rumpun Jabatan (Job
Family) dan Level Posisi Pekerjaan
10. Dasar Kebijakan
dalam Menyusun Jenjang Karir Pegawai
11.
Analisis Gap Kompetensi dan Pengembangan Pegawai
Peserta :
Pelatihan ini sangat relevan staf dan manajer SDM/ HRD
serta jajaran manajemen lini (supervisor dan manajer) yang mempunyai
tanggungjawab untuk mengelola SDM nya secara optimal.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar