BASIC MARKETING CONCEPT (MARKETING FOR
NON MARKETER)
Perlu kita akui bahwa ”marketing
& selling” berfungsi sebagai ujung tombak perusahaan. Selanjutnya, dari
kedudukan dan fungsinya ini, terjadi kecenderungan timbulnya “arogansi
pemasaran” yang dapat menyebabkan terjadinya ketidak seimbangan kerjasama dalam
perusahaan. Sesungguhnya, kepuasan pasar/pelanggan, merupakan tanggung jawab
bersama dari seluruh fungsi manajemen yang ada.
Karenanya, dukungan dari semua fungsi manajemen yang ada, sangat
diperlukan agar perusahaan dapat meningkatkan penguasaan bagian pasar (market share) nya. Melalui Pelatihan : ” Basic Marketing Concept” diharapkan
peserta dapat memahami konsep pemasaran praktis yang bersifat utuh agar dapat
mengimbangi dan menyelaraskan langkah usaha dengan para marketer di
perusahaannya. Melalui pemahaman ini, diharapkan peserta dapat melengkapi dan
menyempurnakan usaha pemenuhan kepentingan pasar/pelanggan agar loyalitas
pelanggan dapat diciptakan, dihimpun, dan dipelihara demi kemajuan dan perkembangan
perusahaan. Pelatihan yang bersifat praktis dan utuh dalam bidang pemasaran
ini, dapat dijadikan sebagai pedoman arah dan pedoman tindakan dalam
pengembangan perusahaan melalui peningkatan penguasaan bagian pasar. Apapun jenis dan atau merek produk yang kita
pasarkan dan kita jual yang harus kita pengaruhi adalah manusia. Perubahan
sikap dan tingkah laku pasar/pelanggan, merupakan dasar pendekatan materi
pelatihan ”Basic Marketing Concept” ini
Outline :
1.
Dasar orientasi bisnis dan pengembangan produk
2.
Pengertian bisnis, pasar, dan pemasaran
3.
Memahami tujuan pasar dan atau pelanggan
4.
Lima tingkat tujuan pasar/pelanggan
5.
Tujuan pasar/pelanggan melahirkan kepentingan
6.
Lima tingkat kepentingan pasar
7.
Ciri dan sifat kepentingan pasar/pelanggan
8.
Kepentingan pasar/pelanggan sebagai medan garap pemasaran
9.
Aspek berpengaruh terhadap pembuatan keputusan pasar
10.
Thinking
– Feeling – Processing dan Kegiatan Pemasaran
11.
Strategi
pemasaran (Segmenting – Targeting – Positioning)
12.
Taktik
pemasaran (diferensiasi – bauran pemasaran)
13.
Nilai-nilai
produk bagi pasar/pelanggan
Peserta
:
Staf atau karyawan
non pemasaran yang ingin memahami tentang konsep pemasaran
Tidak ada komentar:
Posting Komentar