Choaching and Counseling
Skill for Supervisor and Managers
Sebagai
pimpinan maupun manajer dalam suatu perusahaan modern dibutuhkan kemampuan
untuk dapat mengoptimalkan produktifitas bawahannya, dengan berfokus
memperbaiki segala problem yang timbul di tempat kerja melalui mekanisme
coaching & counseling. Kunci sukses peran manajer di sini ialah membuat
karyawan mengelola permasalahan dengan menggunakan sumber-sumber daya mereka
sendiri.
Data hasil coaching & counseling dapat juga digunakan sebagai sumber data dalam rangka succession planning. Dari data – data tersebut kita dapat mengetahui kekuatan dan kelemahan para karyawan, yang dapat direkam untuk digunakan sebagai bahan pertimbangan dalam perencanaan promosi. Perkembangan perilaku dan keahlian karyawan dapat pula diketahui malalui ringasan hasil konseling yang dikirim ke HRD.
Dengan tiga skill manajer dalam coaching & counseling yang meliputi skills mendengarkan (ketika menemukan masalah), skill mendefinisikan masalah (agar menemukan penyebab sebenarnya) dan skill memfasilitasi penemuan solusi, para manajer diharapkan dapat menjadi fasilitator dan bukanlah penyelamat. Tugas manajer ialah membantu mengoptimalkan sumber daya bagi bawahannya untuk menyelesaikan masalah atau mencapai targetnya. Bagaimana melakukan hal-hal tersebut dan kompetensi apa saja yang dibutuhkan dapat ditemukan dalam pelatihan ini.
Data hasil coaching & counseling dapat juga digunakan sebagai sumber data dalam rangka succession planning. Dari data – data tersebut kita dapat mengetahui kekuatan dan kelemahan para karyawan, yang dapat direkam untuk digunakan sebagai bahan pertimbangan dalam perencanaan promosi. Perkembangan perilaku dan keahlian karyawan dapat pula diketahui malalui ringasan hasil konseling yang dikirim ke HRD.
Dengan tiga skill manajer dalam coaching & counseling yang meliputi skills mendengarkan (ketika menemukan masalah), skill mendefinisikan masalah (agar menemukan penyebab sebenarnya) dan skill memfasilitasi penemuan solusi, para manajer diharapkan dapat menjadi fasilitator dan bukanlah penyelamat. Tugas manajer ialah membantu mengoptimalkan sumber daya bagi bawahannya untuk menyelesaikan masalah atau mencapai targetnya. Bagaimana melakukan hal-hal tersebut dan kompetensi apa saja yang dibutuhkan dapat ditemukan dalam pelatihan ini.
Outline :
1.
Syarat untuk menjadi
Coach dan Counselor
2. Peran
manajer dalam hal coaching &counseling
3. Peran
coaching & counseling dalam meningkatkan performa jabatan
4. Pengembangan
kualitas kinerja SDM dan Strategi Perusahaan/Organisasi menggunakan pendekatan One to One Development
menjadi budaya perusahaan.
5. Memahami tipe-tipe
bawahan
6. Teknik-teknik
Coaching & Counseling : Langkah-langkah
dalam memberikan Training, Coaching dan Counseling.
7. Peningkatan
kompetensi Coaching & Counseling: Membangun hubungan, mendengar aktif, skill
bertanya, memberi feedback
8.
Latihan Role Play : Koreksi dan pengembangan
bawahan
Peserta :
Manajer,
supervisor, tim leader, serta mereka yang diproyeksikan untuk menjadi
Supervisor / Team Leader.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar