Outbound di Jogja

Outbound di Jogja
Looking for Outbound Training

Senin, 07 April 2014

Choaching and Counseling Skill for Supervisor and Managers



Choaching and Counseling Skill for Supervisor and Managers

Sebagai pimpinan maupun manajer dalam suatu perusahaan modern dibutuhkan kemampuan untuk dapat mengoptimalkan produktifitas bawahannya, dengan berfokus memperbaiki segala problem yang timbul di tempat kerja melalui mekanisme coaching & counseling. Kunci sukses peran manajer di sini ialah membuat karyawan mengelola permasalahan dengan menggunakan sumber-sumber daya mereka sendiri.
Data hasil coaching & counseling dapat juga digunakan sebagai sumber data dalam rangka succession planning. Dari data – data tersebut kita dapat mengetahui kekuatan dan kelemahan para karyawan, yang dapat direkam untuk digunakan sebagai bahan pertimbangan dalam perencanaan promosi. Perkembangan perilaku dan keahlian karyawan dapat pula diketahui malalui ringasan hasil konseling yang dikirim ke HRD.
Dengan tiga skill manajer dalam coaching & counseling yang meliputi skills mendengarkan (ketika menemukan masalah), skill mendefinisikan masalah (agar menemukan penyebab sebenarnya) dan skill memfasilitasi penemuan solusi, para manajer diharapkan dapat menjadi fasilitator dan bukanlah penyelamat. Tugas manajer ialah membantu mengoptimalkan sumber daya bagi bawahannya untuk menyelesaikan masalah atau mencapai targetnya. Bagaimana melakukan hal-hal tersebut dan kompetensi apa saja yang dibutuhkan dapat ditemukan dalam pelatihan ini.

Outline :
1.       Syarat untuk menjadi Coach dan Counselor
2.       Peran manajer dalam hal coaching &counseling
3.       Peran coaching & counseling dalam meningkatkan performa jabatan
4.       Pengembangan kualitas kinerja SDM dan Strategi Perusahaan/Organisasi  menggunakan pendekatan One to One Development menjadi budaya perusahaan.
5.       Memahami tipe-tipe bawahan
6.        Teknik-teknik Coaching & Counseling : Langkah-langkah dalam memberikan Training, Coaching dan Counseling.
7.       Peningkatan kompetensi Coaching & Counseling: Membangun hubungan, mendengar aktif, skill bertanya, memberi feedback
8.       Latihan Role Play : Koreksi dan pengembangan bawahan


Peserta :
Manajer, supervisor, tim leader, serta mereka yang diproyeksikan untuk menjadi Supervisor / Team Leader.


Tidak ada komentar: