CUSTOMER RELATIONSHIP MANAGEMENT
DESKRIPSI
Ditengah-tengah
persaingan berbagai bisnis/industri jasa yang semakin ketat, dan disertai
dengan loyalitas pelanggan cenderung memudar, perusahaan harus menata ulang
proses bisnis dan merubah paradigma dalam melayani pelanggan bila ingin tetap
eksis. Jika hal tersebut tidak dilakukan, kinerja perusahaan
akan semakin terpuruk. Dengan kata lain, perusahaan yang masih condong melihat
kebutuhan para pelanggan dari kacamatanya sendiri (lens of organization) lambat
laun akan ditinggalkan. Untuk meningkatkan daya saing serta merangkul paradigma
baru dalam melayani pelanggan, strategi bisnis yang dikenal dengan nama
Customer Relationship Management (CRM) menjadi salah satu prioritas utama untuk
diterapkan.
Penerapan strategi
CRM di semua tingkatan organisasi, unit kerja, dan titik kontak pelanggan
dengan organisasi tersebut adalah sangat penting untuk menjalin dan
menumbuh-kembangkan hubungan perusahan dengan para pelanggannya maupun mitra
bisnisnya. Melalui penerapan strategi CRM, suatu perusahan diharapkan akan
lebih mengenal pelanggannya dan lebih memusatkan penjualan produk, serta
peningkatan pelayanan kepada pelanggan yang menguntungkan. Dengan mengenal
palnggan atau segmen pelanggan secra lebih mendalam akan memudahkan perusahaan
untuk mengoptimalkan keuntungan dan meminimalkan resiko bisnis.
MATERI PELATIHAN
1. PRINCIPLE AND CONCEPTS OF CRM
- What is CRM
- Why CRM is critical for the business
- Which department in teh organization should consider CRM
- How to build an effective CRM
2. CRM ROLES IN VARIUOS INSDUTRY
- CRM types and insdustry segments
- CRM modules portfolio and classification
- Best practices of CRM in a range of industry
- Success and Failures Stories of CRM implementation
3. OPERATIONAL CRM
- Analysing and forming CRM task forces
- Creating mission and objectives of operational task forces
- Setting up front ofiice and back office management
- CRM in action and evaluation strategy
4. ANALYTICAL CRM
- "Knowing your customer" paradigm
- Customer behavior analysis and performance
- Multidimension Data Analysis
- Kowledge management and business Intelligent
- Analytical CRM Case Study
5. HUMAN RESOURCES ROLE IN CRM
- Mapping Customer Wants to Human Resources Capability
- Assessing the gap between Customer and Employees
- Soft skill requirement in CRM
Peserta :
Manajer, Suvervisor , dan karyawan di
bidang bisnis analys, program development & inovation, produksi, marketing,
general affair, dan bidang lain yang bertanggungjawab dalam menjaga kepercayaan
pelanggan
Tidak ada komentar:
Posting Komentar