PROCUREMENT MANAGEMENT
Dalam
mencapai tujuan strategis perusahaan, seringkali diperlukan kerjasama dengan
pihak lain di luar perusahaan (vendor) yang terbukti telah kompeten dalam
menjalankan suatu fungsi tertentu dibidangnya. Efektifitas dalam bidang dimana
kerjasama dilakukan sangat tergantung pada kontribusi dan kerjasama saling
menguntungkan antara vendor dan perusahaan. Untuk memastikan hal ini, peran
kita dalam mengelola kerjasama secara efektif dengan vendor sangat kritikal
sehingga tujuan kerjasama bisa dicapai dengan sebaik-baiknya. Pengelolaan
vendor dimulai dari proses proses menyeleksi, memonitor dan mengelola vendor
termasuk mengelola administrasi kontrak - merupakan hal yang yang sangat
kritikal yang harus ada di perusahaan.
Procurement adalah proses pengadaan
barang & jasa dalam sebuah institusi. Pada organisasi bisnis, lembaga
sosial, atau instansi pemerintahan yang baik biasanya telah memiliki peraturan
internal terkait procurement, yang akan memastikan bahwa proses perencanaan
pengadaan dan pemilihan supplier telah memenuhi standar umum & dilakukan
secara transparan.
Dalam prakteknya seringkali timbul permasalahan dalam proses pelaksanaannya, mulai dari perencanaan yang tidak terintegrasi, perubahan harga dan pasokan tersedia, seleksi supplier yang mengundang potensi fraud, miskomunikasi, hingga Vendor/Supplier yang wan prestasi terhadap order & kontrak.
MANFAAT PELATIHAN
Setelah mengikuti pelatihan ini, peserta akan memiliki kemampuan untuk:
1. Memahami kode etik & prosedur baku procurement
2. Memahami tahapan administrasi & dokumentasi procurement mulai dari prakualifikasi supplier/vendor, analisa penawaran, kontrak, hingga proses tender
3. Memahami metode sourcing, teknik analisa penawaran, & strategi negosiasi
4. Memahami regulasi & konsep hukum bisnis
5. Memahami bagaimana proses menyeleksi, memilih, & mengevaluasi kinerja pemasok
Dalam prakteknya seringkali timbul permasalahan dalam proses pelaksanaannya, mulai dari perencanaan yang tidak terintegrasi, perubahan harga dan pasokan tersedia, seleksi supplier yang mengundang potensi fraud, miskomunikasi, hingga Vendor/Supplier yang wan prestasi terhadap order & kontrak.
MANFAAT PELATIHAN
Setelah mengikuti pelatihan ini, peserta akan memiliki kemampuan untuk:
1. Memahami kode etik & prosedur baku procurement
2. Memahami tahapan administrasi & dokumentasi procurement mulai dari prakualifikasi supplier/vendor, analisa penawaran, kontrak, hingga proses tender
3. Memahami metode sourcing, teknik analisa penawaran, & strategi negosiasi
4. Memahami regulasi & konsep hukum bisnis
5. Memahami bagaimana proses menyeleksi, memilih, & mengevaluasi kinerja pemasok
TARGET PESERTA
Para Profesional di bidang: Supply Chain/Logistics, Procurement/Purchasing, PPIC, Komite Pembelian, Unit Layanan Pengadaan. GA, Administrasi Kontrak, Legal Perusahaan. Project Manager, Internal Auditor, Compliance Unit. Supervisor/Manager terkait proses Procurement.
Para Profesional di bidang: Supply Chain/Logistics, Procurement/Purchasing, PPIC, Komite Pembelian, Unit Layanan Pengadaan. GA, Administrasi Kontrak, Legal Perusahaan. Project Manager, Internal Auditor, Compliance Unit. Supervisor/Manager terkait proses Procurement.
OUTLINE
1.
Procurement Administration, SOP, & Job Desk
2. Procurement Code of Conduct
3. Strategic Vendor Sourcing
4. Procurement Plan & Assessment Methods
5. Discussion sharing & case study
6. Negotiation Terms & Contract Management
7. Vendor Managed Inventory
8. Progress Monitoring & Vendor Inspection
9. Procurement KPI & Vendor Evaluation
2. Procurement Code of Conduct
3. Strategic Vendor Sourcing
4. Procurement Plan & Assessment Methods
5. Discussion sharing & case study
6. Negotiation Terms & Contract Management
7. Vendor Managed Inventory
8. Progress Monitoring & Vendor Inspection
9. Procurement KPI & Vendor Evaluation
Tidak ada komentar:
Posting Komentar