VENDOR MANAGEMENT
Dalam
mencapai tujuan strategis perusahaan, seringkali diperlukan kerjasama dengan
pihak lain di luar perusahaan (vendor) yang terbukti telah kompeten dalam
menjalankan suatu fungsi tertentu dibidangnya. Efektifitas dalam bidang dimana
kerjasama dilakukan sangat tergantung pada kontribusi dan kerjasama saling
menguntungkan antara vendor dan perusahaan. Untuk memastikan hal ini, peran
kita dalam mengelola kerjasama secara efektif dengan vendor sangat kritikal
sehingga tujuan kerjasama bisa dicapai dengan sebaik-baiknya. Pengelolaan
vendor dimulai dari proses proses menyeleksi, memonitor dan mengelola vendor
termasuk mengelola administrasi kontrak - merupakan hal yang yang sangat
kritikal yang harus ada di perusahaan.
TUJUAN PELATIHAN :
1. Memahami
kerangka pikir tentang peran penting menjalin kerjasama dengan vendor.
2. Memahami
proses pengadaan barang/ jasa sesuai dengan kebutuhan bisnis hingga
mendapatkanbeberapa vendor yang memenuhi kriteria.
3. Mampu
merumuskan strategi kerjasama dengan vendor, seperti strategi kolaborasi,
outsourcing dll.
4. Mampu
menetapkan vendor terpilih dan menyusun pengikatan pengadaan barang/ jasa
tertentu.
5. Mampu
memonitor kinerja vendor agar sesuai dengan pengikatan (kontrak) yang telah
disepakati dan selaras dengan tujuan perusahaan, melalui montoring dan
pengendalian baik dalam segi mutu, biaya, jumlah dan waktu.
6. Mampu
mengidentifikasi apakah suatu kebutuhan barang/ jasa diperlukan adanya pihak
luar (vendor).
7. Proaktif
dalam dalam menyiapkan kegiatan menyeleksi, mengevaluasi dan menetapkan vendor
terpilih.
TOPIK BAHASAN :
1. Perkembangan Konsep Kerjasama Perusahaan,
2. Peran Penting Vendor dan Proses Procurement,
3. Strategi Kerjasama (Joint Opration, Alliance, Partnership, Collaboration),
4. Identifikasi Kebutuhan sebagai Reference Of Proposal,
5. Perumusan Kriteria dalam Pemilihan Vendor,
6. Penyeleksian dan Penentuan Calon Vendor,
7. Negosiasi,
8. Strategi Penyusunan Kontrak,
9. Pengukuran, Analisis dan Evaluasi Kinerja Vendor,
10. Pengelolaan Hubungan dengan Vendor.
TOPIK BAHASAN :
1. Perkembangan Konsep Kerjasama Perusahaan,
2. Peran Penting Vendor dan Proses Procurement,
3. Strategi Kerjasama (Joint Opration, Alliance, Partnership, Collaboration),
4. Identifikasi Kebutuhan sebagai Reference Of Proposal,
5. Perumusan Kriteria dalam Pemilihan Vendor,
6. Penyeleksian dan Penentuan Calon Vendor,
7. Negosiasi,
8. Strategi Penyusunan Kontrak,
9. Pengukuran, Analisis dan Evaluasi Kinerja Vendor,
10. Pengelolaan Hubungan dengan Vendor.
PESERTA:
Contract Analisis.Buyer,
Purchaser.Anggota panitia pelelangan /pembelian.Pemasok / Supplier Barang
Tidak ada komentar:
Posting Komentar