MARKETING
AUDIT FOR IMPROVING MARKETING
PERFORMANCE
Latar Belakang
Dewasa ini
lingkungan pemasaran, baik lingkungan mikro maupun lingkungan makro, terus
berubah dengan cepat. Sebagai akibatnya, seringkali strategi ataupun manajemen pemasaran terlambat dalam
melakukan penyesuaian. Hal tersebut membawa dampak terhadap kegiatan pemasaran
perusahaan, sehingga menjadi tidak efektif. Kesalahan lain yang dilakukan
perusahaan dapat terjadi, misalnya dalam menentukan strategi pemasaran seperti
ketidaktepatan menentukan target market dan product positioning, kesalahan
dalam menyusun organisasi pemasaran, sistem pemasaran, fungsi pemasaran,
ataupun dalam hubungan dengan pelanggan. Akan tetapi kesalahan-kesalahan
tersebut di atas sering tidak dapat terdeteksi langsung secara dini oleh
Direktur ataupun oleh General Manager Pemasaran. Yang terlihat dari hal-hal
tersebut di atas hanyalah gejala-gejalanya saja, antara lain penurunan
penjualan, penurunan harga jual rata-rata, market share yang digerogoti
pesaing, serta pembengkakan biaya pemasaran yang tidak diimbangi dengan
peningkatan penjualan. Gejala-gejala tersebut pada gilirannya akan berakhir
pada bottom lines perusahaan, yaitu penurunan profit, bahkan sering terjadi
mengakibatkan kerugian perusahaan. Untuk menghindarkan terjadinya hal-hal yang
tidak diinginkan seperti tersebut di atas, perlu dilakukan kegiatan marketing
audit secara periodik. Adapun yang dimaksud dengan marketing audit adalah
pengujian yang dilakukan secara sistematik, independen, dan periodik terhadap
suatu perusahaan atau Strategic Business Unit (SBU) baik menyangkut lingkungan,
objectives, strategi maupun kegiatan-kegiatan pemasaran lainnya, dengan tujuan
untuk melihat permasalahan-permasalahan, peluang dan untuk merekomendasikan
suatu rencana tindakan untuk memperbaiki kinerja pemasaran perusahaan. Dengan
melakukan marketing audit secara periodik, perusahaan diharapkan dapat
mendeteksi secara dini penyimpangan ataupun kekeliruan di bidang pemasaran,
sehingga dapat segera dilakukan tindakan koreksi. Hal tersebut dilakukan
sebagai tindakan pencegahan secara cepat dan cepat pula dalam mendapatkan
peluang pemasaran, sehingga dapat meningkatkan kinerja pemasaran perusahaan.
MATERI
1.
Review tentang
pengertian pemasaran dan lingkungannya
2.
Pendekatan pemasaran
stratejik
3.
Pengertian marketing
audit dan ruang lingkupnya
4.
Audit lingkungan
pemasaran
5.
Audit strategi pemasaran
6.
Audit organisasi
pemasaran
7.
Audit sistem pemasaran
8.
Audit produktifitas pemasaran
9.
Audit fungsi pemasaran
10.
Audit hubungan baik
dengan pelanggan
PESERTA
Pelatihan ini ditujukan untuk Staf, Supervisor, Manager,
General Manager di bidang Pemasaran, Staf dan Pimpinan Internal Auditor, serta
bidang pendukungnya, baik di bidang jasa maupun manufaktur.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar