Outbound di Jogja

Outbound di Jogja
Looking for Outbound Training

Rabu, 13 November 2013

TEHNIK ANALISACUACA DAN INFORMASI IKLIM



TEHNIK ANALISACUACA  DAN  INFORMASI IKLIM

Cuaca dan iklim merupakan suatu kondisi udara yang terjadi di permukaan bumi akibat adanya  penyebaran pemerataan energi yang berasal dari matahari yang diterima oleh permukaan bumi. Tanpa adanya usaha untuk melakukan pengamatan dan pemantauan baik manual dan visual dengan peralatan inderanya (Remote sensing), kita akan mengalami kerugian baik moril dan materiil.  Apabila dengan adanya pertambahan penduduk yang tentunya mengeksploitasi bumi secara besar-besaran, sehingga kondisi ini telah memberi dampak munculnya beberapa isu mulai dari isu perubahan iklim, pemanasan global dan munculnya daerah padang pasir baru.
Akhir-akhir ini kesadaran masyarakat terhadap pentingnya informasi iklim semakin meningkat. Hal ini disebabkan banyaknya persoalan-persoalan yang diduga berkait dengan kondisi cuaca/iklim. Dalam kasus-kasus yang darurat masyarakat seringkali berharap tersedianya informasi/analisa yang cepat dan akurat dan merasa kecewa waktu mendapatkan prakiraan atau analisa yang dibuat oleh para ahli tidak tepat, Karena sikap ini, masyarakat lalu menganggap remeh hasil prediksi/analisa cuaca/iklim bahkan seringkali juga menganggap remeh peringatan dini yang diberikan. Satu hal penting yang belum banyak disadari adalah adanya faktor skala (baik skala luas maupun waktu) dari suatu unsur iklim. Pelatihanini dimaksudkan untuk mamberikan informasi bagaimana memahami tehnikanalisacuacadaninformasiiklim sehingga penggunaan informasi cuacadaniklim lebih tepat, sehinggadiharapkan denganlebihmemahamitehnikanalisacuacadaninformasiiklimdapatdimanfaatkansebagaiacuanuntukpengembangan program dankegiatanpadalembaga/instritusidanperusahaan yang bersangkutan.

Peserta :
StafdankaryawandibagianHidrologidan geoscience, stafdibagianklimatologi, danbidangataubagian lain yang berhubungandengankepentinganinformasiiklimdancuaca..

Outline :
1.    Introduction : arti dan manfaat klimatologi, arti dan kegunaan prakiraan cuaca , evaluasi muslm, curah hujan dan klasifikasi sifat hujan, tingkat ketersediaan air
2.    Pembagian skala analisa cuaca,
4.    Analisa cuaca permukaan dan udara atas,
5.    Pengenalan jenis peta cuaca,
6.    Jenis data cuaca untuk analisa global/regional dan produk-produk prakiraan cuaca numeric
7.    Analisa dan prakiraan cuaca wilayah regional Indonesia
8.    Faktor-faktor penentu iklim
9.    Metode analisa data iklim
10.  Karagaman iklim dlam skala local

Tidak ada komentar: