Outbound di Jogja

Outbound di Jogja
Looking for Outbound Training

Selasa, 12 November 2013

DASAR-DASAR MANAJEMEN DIKLAT



DASAR-DASAR MANAJEMEN DIKLAT

Secara alamiah orang akan berkembang bersama dengan dunia yang digelutinya, tetapi sering kali pertumbuhan perusahaan atau organisasi menuntut orang berkembang lebih cepat. Sinkronisasi pertumbuhan organisasi dengan perkembangan petugas tidak lain adalah pengisian kesenjangan pengetahuan, keterampilan dan sikap seseorang untuk memenuhi tuntutan jabatan tertentu. Jadi pelatihan adalah proses pengisian kesenjangan pengetahuan, keterampilan, dan sikap seseorang dengan tuntutan pekerjaannya. Manajemen Diklat adalah pengelolaan pelatihan yang mencakup perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan dan evaluasinya. Manajemen diklat adalah upaya yang sistematis  dan  terencana dalam mengoptimalkan seluruh komponen diklat guna mencapai tujuan program secara efektif & efisien. Pelatihan Manajemen Diklat ini dimaksudkan untuk meningkatkan pengetahuan, keterampilan dan sikap pengelola lembaga diklat dalam mengelola diklat dengan efektif, efisien dan profesional
Kegiatan-kegiatan dalam manajemen pelatihan meliputi: menetapkan sasaran, perencanaan, pelaksanaan, pengecekan/pengawasan dan pengembangan diklat. Perencanaan adalah menentukan kebutuhan latihan berikut rekomendasinya. Menyusun pola dan program latihan sesuai rekomendasi berikut metode dan sarana latihan. Pelaksanaan adalah menyelenggarakan dan melaksanakan latihan. Pengecekan/pengawasan adalah menilai hasil-hasil dari pelaksanaan latihan yang telah dilakukan serta mengetahui apa-apa yang masih perlu disempurnakan. Penelitian dan pengembangan adalah meneliti dan mengembangkan cara-cara latihan sesuai dengan perkembangan ilmu dan pengalaman agar tercapai produktivitas kerja.
Outline :
1.    Tujuan Pengelolaan Diklat
2.    Konsep Andragogi
3.    Komponen Diklat Sebagai Sistem
4.    Sistem Informasi Diklat
5.    Analisis Kebutuhan Diklat
6.    Rancang Bangun Program Diklat
7.    Perencanaan Kegiatan Tahunan
8.    Perencanaan Anggaran Diklat
9.    Pemantauan Dan Pengendalian Diklat
10.  Mengelola Sumber Daya Diklat
11.  Membangun Jejaring Kerja
12.  Merancang Bahan Diklat
13.  Melaksanakan Evaluasi Diklat
14.  Memahami Building Learning Commitment.

Peserta :
Para penyelenggara diklat, dapat berasal dari pejabat structural dan fungsional,dan staf potensial yang menangani penyelenggaraan diklat pada Pusat-pusat Diklat dan Badan Diklat/Balai Diklat Perusahaan

Tidak ada komentar: