DASAR-DASAR MANAJEMEN
DIKLAT
Secara
alamiah orang akan berkembang bersama dengan dunia yang digelutinya, tetapi
sering kali pertumbuhan perusahaan atau organisasi menuntut orang berkembang
lebih cepat. Sinkronisasi pertumbuhan organisasi dengan perkembangan petugas
tidak lain adalah pengisian kesenjangan pengetahuan, keterampilan dan sikap
seseorang untuk memenuhi tuntutan jabatan tertentu. Jadi pelatihan adalah
proses pengisian kesenjangan pengetahuan, keterampilan, dan sikap seseorang
dengan tuntutan pekerjaannya. Manajemen Diklat adalah pengelolaan pelatihan
yang mencakup perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan dan evaluasinya. Manajemen diklat adalah upaya yang sistematis dan
terencana dalam mengoptimalkan seluruh komponen diklat guna
mencapai tujuan program secara efektif & efisien. Pelatihan Manajemen Diklat ini dimaksudkan untuk
meningkatkan pengetahuan, keterampilan dan sikap pengelola lembaga diklat dalam
mengelola diklat dengan efektif, efisien dan profesional
Kegiatan-kegiatan dalam manajemen pelatihan meliputi:
menetapkan sasaran, perencanaan, pelaksanaan, pengecekan/pengawasan dan
pengembangan diklat. Perencanaan adalah menentukan kebutuhan latihan berikut
rekomendasinya. Menyusun pola dan program latihan sesuai rekomendasi berikut
metode dan sarana latihan. Pelaksanaan adalah menyelenggarakan dan melaksanakan
latihan. Pengecekan/pengawasan adalah menilai hasil-hasil dari pelaksanaan
latihan yang telah dilakukan serta mengetahui apa-apa yang masih perlu disempurnakan.
Penelitian dan pengembangan adalah meneliti dan mengembangkan cara-cara latihan
sesuai dengan perkembangan ilmu dan pengalaman agar tercapai produktivitas
kerja.
Outline :
1.
Tujuan Pengelolaan Diklat
2. Konsep Andragogi
3. Komponen Diklat Sebagai Sistem
4. Sistem Informasi Diklat
5. Analisis Kebutuhan Diklat
6. Rancang Bangun Program Diklat
7. Perencanaan Kegiatan Tahunan
8. Perencanaan Anggaran Diklat
9. Pemantauan Dan Pengendalian Diklat
10. Mengelola Sumber Daya Diklat
11. Membangun Jejaring Kerja
12. Merancang Bahan Diklat
13. Melaksanakan Evaluasi Diklat
14. Memahami Building Learning Commitment.
Peserta :
Para penyelenggara
diklat, dapat berasal dari pejabat structural dan fungsional,dan staf potensial
yang menangani penyelenggaraan diklat pada Pusat-pusat Diklat dan Badan
Diklat/Balai Diklat Perusahaan
Tidak ada komentar:
Posting Komentar