Design Supply Chain Management
Deskripsi
Kemajuan
teknologi informasi membawa perubahan yang sangat signifikan terhadap dunia
industri. Seluruh bisnis berorientasi pelanggan, harga murah kualitas tinggi,
inovasi produk, fleksibilitas dan kreativitas dunia industri dipertaruhkan,
untuk itu proses produk dari upstream sampai downstream harus
dipikirkan oleh perusahaan sehingga hasil yang diberikan terhadap pelanggan
menjadi layak. Oleh karena itu persaingan dimasa yang akan datang tidak lagi
merupakan persaingan antar perusahaan saja. Tetapi antar supply chain.
Artinya hanya supply chain yang dapat memberikan nilai maksimal bagi
pelanggannya yang akan unggul. Oleh karena itu, kemampuan mengelola seluruh
rangkaian “rantai” bisnis (supply chain) dewasa ini menjadi sangat penting.
Supply
Chain Management (SCM) adalah “pola pikir” yang
melihat bisnis sebagai rangkaian terpadu dari proses-proses bisnis mulai dari
pemasok (suppliers) sampai end users (Pelanggan). SCM tidak
otomatis tercapai melalui penguasaan atau kepemilikan atas seluruh SCM. SCM
juga bukan sekedar sebagai penanganan masalah logistik tetapi bagaimana
mengevaluasi dan mengukur kinerja dari
setiap unit (Aliran inforrmasi, barang, bahan, finansial dll) serta dicara
solusinya sehingga dihasilkan suatu produk yang sesuai dengan pelanggan.
MATERI KURSUS
- SCM: Konsep dan evolusi pola pikir dalam manajemen
- Relevansi SCM dalam menghadapi tantangan bisnis masa kini
·
Nilai
Informasi dalam Supply Chain
- Mengelola distorsi di sepanjang supply chain
- Menyesuaikan strategi supply chain dengan strategi bisnis
- Transportation and Distribution Management
- Inventory and Warehouse Management
- Supply Chain Metrics: Ukuran kinerja / keberhasilan SCM
- Studi kasus: kisah-kisah sukses dalam penerapan SCM
PESERTA :
Supervisor,
Staf Bagian Logistic, Bagian pembelian, Bagian Pergudangan dan yang terkait
dengan SCM
Tidak ada komentar:
Posting Komentar