Saatini,
operasionalLaboratoriumsudahmulaibergeserdaripengelolaansepenuhnyaoleh
Perusahaan
atauInstansiPemerintahmenujupengelolaanolehPenyediaJasaTeknisLaboratorium.Penyebabnyaadalahadanyapersainganbisnis
yang sangatketatdalamduniausahaataujasapelayananLaboratorium,
dimanaefisiensibiayaoperasional& “on time delivery”
memegangperananpentinguntuk memenangkanpersaingan. Untukkeperluanini,
pelayananJasaTeknisLaboratoriumsangatdibutuhkan demi tercapainya target
produksiataupelayanan yang maksimalkepadacustomer Laboratorium.
JasaTeknis yang dimaksudtidaksekedarmenyuplaitenagakerja
yang kompeten, tetapijugamenyediakankeperluan lain sepertibahankimia, spare
parts, perawatanperalatan, keselamatankerja, dokumentasidsb.
Untukmendapatkankualitaspelayanan yang baikdariPenyediaJasaTeknisLaboratorium,
bukanlahhal yang mudah.Strategi&cara yang
tepatharusdilakukanmulaidaripembuatandokumenkontrakLaboratorium, proses tender
yang sesuaiPeraturanPemerintahdan monitoring pelaksanaankontrak.
BilasemuaitubisatercapaimakaoperasionalLaboratoriumakanbisalebihefisien,
aman& “on time delivery” kepadacustomerLaboratorium,
walaupuntidakdikelolasepenuhnyaoleh Perusahaan atauInstansiPemerintah.
Materi :
- FilosofidasarkontrakJasaTeknisPelayananLaboratorium
- Benefit kontrakJasaTeknisPelayananLaboratorium
- Dokumenkontrakuntukaspek Legal sesuaidenganPeraturanPemerintah
- Dokumenkontrakuntukaspekteknis
- Lampiran – lampiranuntukaspekteknis
- Proses tender mulaidariprakualifikasisampaidengan formalisasikontrak
- KriteriauntukpenilaianContractor Safety, Health and Environment Management System (CSMS) &tatacara audit CSMS
- KriteriaevaluasikinerjapenyediajasapelayananjasateknisLaboratorium&melakukanQuarterly Performance Contract Review (QPCR)
Participans
Staff danmanajemenPenyediaJasaTeknisLaboratorium,
Tidak ada komentar:
Posting Komentar