Outbound di Jogja

Outbound di Jogja
Looking for Outbound Training

Kamis, 24 Oktober 2013

ADVANCHED REMOTE SENSING (PEMODELAN BERBASIS CITRA)

ADVANCHED REMOTE SENSING (PEMODELAN BERBASIS CITRA)

Remote sensing adalah suatu ilmu mendapatkan atau mengumpulkan data ataupun informasi tentang suatu obyek atau benda tanpa menyentuhnya, dilakukan dari suatu 'platfrom'  jauh ataupun dekat di atas permukaan bumi. Remote sensing mencakup penggunaan teknik-teknik fotografi dan nonfotografi, pengumpulan data dengan teknikfotografi lazim disebut 'Conventional Photography' yang beroperasi pada spektrum elektromegnetik lebih sempit dari yang digunakan dalam teknik non fotografi.
Tujuan penggunaan data remote sensing adalah mempercepat mendapatkan data atau informasi tentang suatu daerah yang luas. Penyelidikan alam dengan remote sensing umunya bertahap. Berbagai skala potret maupun citra akan cocok untuk berbagai tahap penyelidikan bumi. Orang mengenal tahap perintis (Exploratory), tahap peninjauan (Reconnaissance), tahap terperinci (Systematic, Detailed), dan tahap Khusus (Specific Detailed Study). Potret udara yang berlainan skalanya mempunyai peranan yang berlainan pula dalam tiap tahap penyelidikan.
Peranan kemajuan dalam teknologi juga berkembang dalam kemajuan pengumpulan data serta generasi informasi atas data tersebut sudah barang tentu dipengaruhi oleh perkembangan ilmu pengetahuan, demikian pula sebaliknya. Remote sensing ( Penginderaan jauh) sebagai komponen ilmu pengetahuan industri teknologi menghasilkan potret maupun citra yang lazim disebut 'aerospace imagery'. data remote sensing ini telah berperan dalam berbagai cabang ilmu, Misalnya :Geology, Pertanian, kehutanan, pengairan dan lain sebagainya.

Outline :
  1. Pengantar Pemrosesan Citra Digital
  2.  Visualisasi Citra
  3. Koreksi Radiometri dan Geometri
  4. Penajaman Citra
  5. Pemfilteran Spasial
  6. Transformasi Spektral
  7. Klasifikasi Multispektral
  8. Penyajian Hasil dan Layout Peta
  9. Pengantar Pemodelan Berbasis Citra
  10. Fusi Citra
  11.  Interpretasi Citra Multisumber
  12. Klasifikasi Citra Multisumber
  13. Integrasi Penginderaan Jauh dan SIG
  14.  Analisis Citra Hiperspektral


PARTICIPANT
Pelatihan ini terbuka bagi Peserta Umum, Karyawan Perusahaan di bagian : perencanaan, proyek di lembaga/institusi, pemetaan, pengelolaan sumberdaya alam / hutan / lingkungan, pendidikan, ekonomi, hukum, jurnalisme, pertambangan, Rumah Sakit, Instansi Pemerintahan Kabupaten/ Kota maupun Provinsi,




Tidak ada komentar: