Outbound di Jogja

Outbound di Jogja
Looking for Outbound Training

Selasa, 22 Oktober 2013

UNDERSTANDING & IMPLEMENTING 5 S PROGRAM



UNDERSTANDING  &  IMPLEMENTING  5  S  PROGRAM

Salah satu kunci sukses perusahaan manufaktur Jepang dalam menciptakan keunggulan operasional adalah memanajemeni lingkungan kerja menjadi nilai tambah yang dikenal dengan istilah 5S. Lingkungan tempat kerja diartikan: Bagaimana tempat kerja dikelola dan bagaimana pekerja itu memelihara tempat kerjanya. Hal ini mencerminkan sikap karyawan terhadap pekerjaannya. Program 5S dipandang sebagai dasar dari segala program peningkatan mutu dan produktvfitas, sehingga pabrik mampu mencapai sasaran zero breakdown, zero defect, zero delay dan zero accident. Penerapan 5 S terbukti sangat mendukung terlaksananya sistem manajemen  yang efektif.    Dengan menerapkan 5 S akan menciptakan lingkungan yang dapat mendorong seseorang yang sering terlibat di dalamnya untuk bertindak disiplin dalam mematuhi aturan-aturan yang ditetapkan serta konsisten dalam melakukan improvement.
5S adalah singkatan dari Seiri, Seiton, Seiso, Seiketsu, dan  Shitsuke yang dapat diterjemahkan menjadi  5R, yaitu  Ringkas, Rapi, Resik, Rawat dan  Rajin. Sasaran 5 S pada dasarnya terciptanya perilaku rajin dari lingkungan kerja yang dikelola secara baik. Perilaku ini tentunya akan sangat berdampak pada upaya pencapaian sasaran perusahaan. Pada dasarnya 5S menyangkut kegiatan pengorganisasian tempat kerja dan kerumahtanggaan. Hal-hal ini berdampak langsung terhadap efisiensi, produktivitas, mutu dan keselamatan kerja.


Tujuan :
1.       Memahami KAIZEN dan Falsafah Dibaliknya
2.       Menyadari pentingnya Tempat Kerja (GEMBA)
3.       Memahami Konsep 5S dan Manfaat Program 5S
4.       Memahami Penerapan Konsep 5S di pabrik
5.       Mempersiapkan langkah-langkah Implementasi program 5S di Perusahaan

MATERI PELATIHAN
1.    KAIZEN (Continuous Improvement)
2.    Konsep 5S, Definisi, Aktivitas dan Sasaran
3.    Pembentukan Komite 5S dan Perannya
4.    Organisasi dan Peran Karyawan
5.    Alat-alat bantu 5S
6.    Strategi awal : Merekam Kondisi Tempat Kerja
7.    Step by Step Penerapan 5S di Perusahaan
8.    Kunci sukses di dalam Penerapan Program 5S.
9.    Audit Pelaksanaan Program 5S

Peserta : Tim Implementasi  5 S. Manajer, Supervisor, Pilot Project Team; Team Leader dari bagian Budaya Perusahaan, General Office, dan Bagian Perawatan.

Tidak ada komentar: