Outbound di Jogja

Outbound di Jogja
Looking for Outbound Training

Minggu, 20 Oktober 2013

PENCEGAHAN KOROSI DAN SCALE PADA PROSES PRODUKSI MINYAK BUMI DAN GEOTHERMAL.



PENCEGAHAN KOROSI DAN SCALE PADA PROSES PRODUKSI MINYAK BUMI
DAN GEOTHERMAL.

Proses produksi minyak dari reservoir ke permukaan mempunyai kandungan air yang sangat besar, bahkan bisa mencapai kadar lebih dari 90%. Selain air, juga terdapat komponen-komponen lain berupa pasir, garam-garam mineral, aspal, gas CO2 dan H2S. Komponen-komponen yang terbawa bersama minyak ini menimbulkan permasalahan tersendiri pada proses produksi minyak bumi. Air yang terdapat dalam jumlah besar sebagian dapat menimbulkan emulsi dengan minyak akibat adanya emulsifying agent dan pengadukan. Selain itu hal yang tak kalah penting ialah adanya gas CO2 dan H2S yang dapar menyebabkan korosi dan dapat mengakibatkan kerusakan pada casing, tubing, sistem perpipaan dan surface fasilities. Sedangkan ion-ion yang larut dalam air seperti kalsium, karbonat, dan sulfat dapat membentuk kerak (scale). Scale dapat menyebabkan pressure drop karena terjadinya penyempitan pada sistem perpipaan, tubing, dan casing sehingga dapat menurunkan produksi.


Outline :
  1. KOROSI :
1.    Definisi  Korosi dan Pengaruhnya
2.    Tempat-tempat Terjadinya Korosi Pada Produksi Minyak/Panas Bumi : Down Hole Corrosion, Flowing well, Casing Corrosion, Well Heads, Flow Lines.
3.    Tipe korosi di Lapangan Minyak/Panas Bumi : Uniform Corrosion, Pitting Corrosion, Stress Corrosion Cracking, Erosion Corrosion, Galvanic Corrosion, Crevice Corrosion, Selective Leaching.
4.    Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Laju Korosi : Faktor Gas Terlarut, Faktor Temperatur, Faktor pH, Faktor Bakteri Pereduksi atau Sulfat Reducing Bacteria (SRB), Faktor Padatan Terlarut.
5.    Pencegahan Korosi : Proteksi Katodik, Coating, Painting, Pemakaian Bahan-Bahan Kimia (Chemical Inhibitor)
  1. SCALE :
1.    Definisi Scale dan Pengaruhnya
2.    Petunjuk dan Identifikasi Masalab Scale dan Kemungkinan Penyebabnya di lapangan
3.    Reaksi-Reaksi Kimia Yang Menyebabkan Scale
4.    Menghilangkan Zat-zat yang membentuk Scale dan Penanggulangan Endapan Scale
5.    Pencegahan Scale dengan Scale Inhibitor : Tipe Scale Inhibitor, Pemilihan Scale Inhibitor.
6.    Beberapa Jenis Scale Inhibitor : Pelarut Hidrokarbon, Asam klorida, Natrium Hidroksida, inorganic polyphospate, organic scale control chemical (organic phospate dan phosphonate) ,  polyorganic acid, polimer


Peserta :
Seluruh staff/karyawan/operator dari bagian produksi, engineering, maintenance, chemical analysis, dan bidang-bidang lain yang bertanggungjawab pada keandalan system produksi dalam kaitannya dengan pengaruh korosi.

Tidak ada komentar: