Outbound di Jogja

Outbound di Jogja
Looking for Outbound Training

Minggu, 26 Januari 2014

Strategi Manajemen Resiko

Strategi Manajemen Resiko

Deskripsi
Lingkungan bisnis saat ini menghadapi berbagai faktor risiko bisnis yang jauh berbeda dengan beberapa dekade yang lalu. Resiko timbul dikarenakan adanya ketidakpastian. Ketidakpastian dapat diklasifikasikan menjadi : ketidakpastian ekonomi, ketidakpastian alam dan ketidakpastian kemanusiaan. Perusahaan akan terancam mundur jika gagal dalam mengelola resiko bisnisnya. Ada banyak contoh kegagalan manajemen risiko berujung pada pembubaran atau likuidasi usaha. Kegagalan banyak perusahaan di dalam mengelola risiko valuta asing pada saat krisis moneter telah mengakibatkan banyaknya perusahaan yang terpaksa harus menjalani proses penyehatan, berganti pemilik, atau bahkan dipailitkan.
Ada beberapa strategi yang dapat digunakan dalam menghadapi resiko, yaitu antara lain: menghindari resiko, mengurangi efek negatif resiko, memindahkan resiko kepada pihak lain dan menampung sebagian atau semua konsekuensi resiko tertentu. Manajemen risiko tradisional hanya terfokus pada resiko-resiko yang ditimbulkan oleh penyebab fisik atau legal (seperti bencana alam, kebakaran, tuntutan hukum, dll). Sasaran dari pelaksanaan manajemen risiko adalah untuk mengurangi risiko yang berbeda-beda yang berkaitan dengan bidang yang telah dipilih.

Materi
1. Pengertian tentang Risiko dan Risk Assessment
  • Definisi Risiko
  • Hubungan antara Risiko dengan Pencapaian Sasaran Strategik, Operasional, dan Proyek
  • Strategic Risk Assessment
  • Manajemen Risiko Operasional
  • Memahami Risiko-risiko dalam Proses Bisnis
  • Manajemen Risiko Proyek
  • Risk Tolerance (Appetite), Risiko Residual, Eksposur
2. COSO Enterprise Risk Management Integrated Framework
  • Definisi ERM
  • Komponen Enterprise Risk Management (ERM)
  • Contoh Kasus Perusahaan yang telah menerapkan COSO ERM
3. Organisasi dan Sumber Daya Manajemen Risiko
  • Tahap-tahap Implementasi
  • Fungsi, Peran, dan Tanggung Jawab Unit Manajemen Risiko
  • Hubungan antara Unit Manajemen Risiko, Audit Internal, dan Strategic Business Unit (SBU)
  • Infrastruktur dan sumber daya manajemen risiko
4. Metode Identifikasi Keberadaan dan Penyebab Risiko
5. Langkah-langkah Penanganan dan Pengendalian Risiko
6. Teknis Pendanaan Risiko
7. Metode Pengukuran Risiko dan Probabilitas
8. Pengukuran Terhadap Akibat
9. Studi Kasus

Tujuan
Setelah mengikuti pelatihani, peserta diharapkan dapat:
  • Memahami pentingnya manajemen resiko khususnya pada pengembangan bisnis.
  • Mengidentifikasi keberadaan dan penyebab munculnya resiko dalam upaya pengembangan bisnis.
  • Peserta memahami metode yang digunakan dalam mengidentifikasi menganalisa resiko
  • Peserta dapat melakukan penanganan dan pengendalian terhadap resiko yang muncul, serta upaya pendanaan terhadap resiko
  • Peserta memahami secara garis besar bagaimana melakukan mitigasi risiko

Peserta
Training ini diperuntukkan bagi:
Staff, Supervisor, Manager hingga level diatasnya dari Divisi Strategi, Pengambil Kebijakan atau divisi lainnya yang membutuhkan training ini;

Tidak ada komentar: