Emotional Management For Productivity Improvement
Deskripsi
Emosi merupakan suatu perasaan dan
pikiran yang khas, suatu keadaan biologis dan psikologis dan serangkaian
kecenderungan untuk bertindak terhadap rangsangan dari luar dan dalam
diri individu mencakup perubahan-perubahan yang disadari, yang mendalam
sifatnya, dan perubahan perilaku pada umumnya disertai adanya ekspresi
kejasmanian. Dari hasil penelitian diketahui bahwa emosi memiliki reaksi
(respons/gerak) yang sangat cepat melebihi respons otak. Emosi dapat
menggerakkan/ menguras energi untuk berbuat sesuatu dengan mengalahkan
otak. Kecerdasan emosi akan berperan besar dalam mengendalikan tingkah
laku seseorang.
Kecerdasan emosi adalah kemampuan untuk
mengenali perasaan diri sendiri, perasaan orang lain, kemampuan
memotivasi diri sendiri dan kemampuan mengelola emosi dengan baik pada
diri sendiri dan dalam hubungannya dengan orang lain.
Materi
1. Teori Emosi
- Teori Emosi Dua-Faktor Schachter-Singer
- Teori Emosi James-Lange
- Teori Emosi “Emergency” Cannon
2. Kecerdasan Emosional
- Pengertian Kecerdasan Emosional
- Komponen Kecerdasan Emosional
- Mengenali Emosi Diri
- Mengelola Emosi
- Memotivasi Diri Sendiri
- Mengenali Emosi Orang Lain (Empati)
- Membina Hubungan (Sosial)
- Kecerdasan Emosional di Tempat Kerja
3. Kinerja
- Pengertian Kinerja
- Faktor-faktor yang Mempengaruhi Kinerja
- Sistem Penilaian Kinerja
- Indikator Kinerja
Tujuan
Setelah mengikuti pelatihan ini, diharapkan peserta dapat:
- Meningkatkan pengendalian emosi dan pengendalian diri untuk mencapai keberhasilan dan kesuksesan hidup baik bagi diri sendiri lingkup pekerjaan;
- Meningkatkan kinerja/produktivitas di lingkungan kerja.
Peserta
Training ini diperuntukkan bagi:
Staff, Supervisor dan yang diatasnya di divisi HRD ataupun divisi lainnya;
Tidak ada komentar:
Posting Komentar