Membangun Budaya Perusahaan untuk peningkatan Produktivitas Karyawan
Deskripsi
Tidak ada budaya yang kekal sepanjang
masa, setidaknya kalau tidak musnah pasti mengalami penyempurnaan.
Budaya yang dinamis adalah budaya yang melakukan penyempurnaan, untuk
memenuhi permintaan kesempurnaan bahkan sampai menghilangkan budaya yang
dipandang lapuk diganti dengan budaya baru yang lebih sempurna.
Sebuah perusahaan dengan budaya yang
bersifat dinamis, selalu menggali hal-hal yang bersifat menguntungkan
bagi perusahaan, melakukan penyempurnaan yang sudah tidak mendukung
efisiensi, efektifitas, meningkatkan kinerja ekonomi, semuanya dilakukan
evaluasi diambil langkah baru yang cocok untuk diterapkan di
perusahaan.
Untuk sebuah perusahaan yang baru
berdiri tentu masih dalam kondisi mencari bentuk dan dalam penyesuaian.
Manajemen sudah menetapkan kerangka budaya tapi biasanya masih belum
sempurna, misalnya mengenai pedoman/aturan, cara perawatan alat,
melayani stakeholder, melayani konsumen dsb. Perusahaan yang baru
berdiri dituntut selalu lebih gesit menyempurnakan sistem budaya agar
berimbang dengan aktivitas perusahaan berupaya tidak mengalami kendala
dalam sistem. Demikian juga bagi perusahaan yang sudah berdiri selalu
mengevaluasi keadaan guna penyempurnaan. Budaya perusahaan wajib
memiliki kemampuan ketahanan yang tangguh, oleh sebab itu budaya
didalamnya dibangun sedemikian rupa sehingga mampu dalam kompetitis.
Materi
- Dinamika Budaya dan Budaya Adaptif
- Budaya Strategis Cocok Dipertahankan
- Budaya Kuat
- Prinsip Penerapan Budaya Kuat yang Efektif
- Budaya thickness dan panutan
- Keterlibatan memiliki (extent of sharing)
- Menjaga Budaya Kuat Tidak Berubah (keeping things the same)
- Ketahaaan Budaya Perusahaan
- Unsur ketahanan internal dan eksternal
- Diskusi dan study kasus
Tujuan
Setelah mengikuti pelatihan ini, diharapkan peserta dapat:
- Membuat budaya Perusahaan yang mendukung efisiensi dan efektifitas;
- Meningkatkan kinerja dengan menyempurnakan budayaperusahaan yang sudah berjalan.
Peserta
Training ini diperuntukkan bagi:
Staff, Supervisor, Manager maupun level di atasnya maupun Diatasnya
dari Department Personalia, dari Divisi HRD, Quality Improvement,
R&D maupun divisi lainnya yang berkaitan dengan Budaya Perusahaan
dan produktivitas.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar