Manajemen Pengendalian Kualitas dengan New Seven Tools
Deskripsi
Kualitas memiliki peranan yang sangat
penting untuk unggul di pasaran, dengan adanya kualitas yang baik maka
produk yang dihasilkan dapat bersaing dengan produk sejenis. Kualitas
produk yang dihasilkan harus memiliki kualitas yang baik, tetapi banyak
kasus yang dalam proses produksinya terjadi cacat.
Seven tools, merupakan salah satu alat
statistik untuk mencari akar permasalahan kalitas, sehingga manajemen
kualitas dapat menggunakan seven tools tersebut untuk mengetahui akar
permasalahan terhadap produk yang mengalami cacat, serta dapat
mengetahui penyebab-penyebab terjadinya cacat.
Kualitas sangat penting bagi sebuah
produk, baik berupa produk barang maupun jasa. Hal-hal yang sangat
penting bagi produsen berkaitan dengan produk adalah: Kualitas, biaya
dan produktivitas. Sedang bagi konsumen adalah Kualitas, harga dan
pelayanan purna jual. Dengan demikian kualitas adalah satu-satunya hal
yang paling penting bagi kedua belah pihak. Training ini akan memberikan
pemahaman mengenai teknik dalam manajemen pengendalian kualitas.
Materi
1. Deskripsi:
- Statistika
- Mutu
- Kualitas
- Kecacatan
2. Sistem Manajemen Kualitas:
- Fokus pelanggan
- Keterlibatan Total
- Tolok Ukur
- Dukungan Sistematis
- Peningkatan yang terus menerus.
3. 7 tools:
- Pareto
- Histogram
- Fishbone
- Scatter
- Control Chart
- Check Sheet
- Grafik
4. 7 New Tools:
- Affinity diagram
- Relation diagram
- Matrix diagram
- Tree diagram
- Arrow diagram
- Process Decision Program Chart
5. Study Kasus dan Diskusi
Tujuan
Setelah mengikuti pelatihan ini, peserta
diharapkan mengetahui dan memahami alat statistik Seven tools sehingga
dapat mencari akar permasalahan kalitas terhadap produk yang cacat.
Dengan memahami teori ini maka peningkatan produktivitas akan meningkat
dengan meningkatnya kualitas suatu produk.
Peserta
Training ini diperuntukkan bagi:
Staff, Supervisor, Manager hingga level diatasnya didalam bidang QC/QA maupun Produksi
Tidak ada komentar:
Posting Komentar