Implementasi Job Analysis untuk Menentukan Job Grade
Deskripsi
Banyak perusahaan memiliki kelas jabatan
tetapi hanya sebagai bentuk formalitas dalam proses penetapan gaji,
tidak melihat aspek essensial yang terbentuk dari kelas jabatan itu
sendiri. Kelas jabatan seharusnya dapat digunakan untuk mewakili
perhitungan dari nilai-nilai kompetensi yang dimiliki dalam perusahaan,
seperti kompetensi teknis, kompetensi soft skill serta aspek pengalaman
yang dibutuhkan dari jabatan itu sendiri. Secara umum, tahapan dan
proses yang tepat dalam menyusun job grade dalam perusahaan antara lain:
evaluasi terhadap uraian pekerjaan, pengembangan aspek status dari
beban kerja serta kondisi kompetensi yang dimiliki dari suatu jabatan
tertentu.
Tujuan
Setelah mengikuti pelatihan ini, diharapkan peserta dapat:
- Mengetahui konsep job analysis & job grade
- Mengimplementasikan job analysis dalam proses menentukan job grade setiap karyawan perusahaan
Materi
- Pengantar job Analysis & Job Grade
- Proses analisis jabatan
- Evaluasi terhadap uraian pekerjaan
- Pengembangan aspek status dari beban kerja serta kondisi kompetensi
- Pengubahan menjadi skor pekerjaan
- Pengukuran serta penempatan karyawan ke dalam job grade yang ada dalam perusahaan.
Peserta
Personil yang dapat mengikuti pelatihan yaitu: Staff, Supervisor, Manager hingga level diatasnya dari divisi Human Resources Management atau siapapun yang ingin menambah pengetahuan mengenai metode penyusunan Job Grade dalam perusahaan.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar