Outbound di Jogja

Outbound di Jogja
Looking for Outbound Training

Jumat, 24 Januari 2014

Credit Risk, Receivable & Corporate Collection Management

Credit Risk, Receivable & Corporate Collection Management

Deskripsi
Fungsi penjualan tidak dapat berdiri sendiri dengan hanya ingin mencapai target penjualan saja. Diperlukan adanya keseimbangan antara target penjualan dan collectibility dari client. Artinya perusahaan harus dapat menganalisa calon dan existing customer/klien. Ada customer yang mampu membayar tetapi tidak mau (bad character). Pengelolaan piutang dan penagihan (collection) bila dilakukan secara profesional akan membantu manajemen dalam pengawasan arus kas dan pembenahan manajemen arus kas yang lebih baik. Pelatihan ini dirancang untuk memberikan pemahaman mengenai konsep dan metode dalam melakukan analisa kredit konsumen, pengelolaan piutang beserta sistem yang efektif dalam penagihannya sebagai bagian dari penataan arus kas di perusahaan.

Tujuan
Setelah mengikuti pelatihan ini, diharapkan peserta dapat :
  1. Memahami konsep analisa kredit konsumen dan resiko kredit konsumen;
  2. Memahami dan mampu mengaplikasikan teknik-teknik dalam pengelolaan piutang dan penagihan.
Materi
1.    CREDIT RISK MANAGEMENT
  • Faktor-faktor resiko kredit yang perlu dianalisa
  • Menentukan tingkat resiko dan exposure
  • Analisa Laporan keuangan : 6 ratio dan CFFO
  • Menentukan credit terms dan credit limit
  • Analisa keuangan tanpa laporan keuangan
  • Analisa kualitatif
  • Teknik menganalisa “character”
2.    RECEIVABLE MANAGEMENT
  • Pengertian Piutang dan dampaknya terhadap Arus Kas
  • Analisis Aging Schedule yang menyeluruh
  • Kecurangan yang berkaitan dengan Receivable
  • Control Receivable
  • Pengaruh mata uang asing pada receivable dan penangulangannya
  • Pengukuran kinerja collection
3. CORPORATE COLLECTION MANAGEMENT
  • Memahami tingkat tawar menawar dalam menentukan strategy collection
  • Konsep serta Aplikasi dalam menjalankan collection process
  • Teknik dalam menghadapi customer yang “nakal”
  • Negotiation Skill for Collector.

Peserta
Training ini diperuntukkan bagi:
Staff, Supervisor, Manager atau level diatasnya dari divisi Credit, Marketing, Finance atau divisi lain yang membutuhkan training ini;

Tidak ada komentar: