Motivasi sebagai Teknik Meningkatkan Kepuasan Kerja Karyawan
Deskripsi
Motivasi berkaitan erat dengan
pencapaian atau pemuasan tujuan (sintality) karyawan dalam perusahaan.
Dan kepuasan kerja berhubungan erat dengan sikap karyawan terhadap
pekerjaannya sendiri, situasi kerja, kerjasama antara pimpinan dengan
sesama karyawan. Konsep motivasi terhadap karyawan banyak diterapkan
oleh perusahaan untuk menciptakan kepuasan kerja karyawannya dengan cara
memberikan kesempatan untuk maju, keamanan kerja, gaji, perusahaan dan
manajemen yang baik, pengawasan (supervisi), kondisi kerja, komunikasi
dan fasilitas. Banyak penelitian yang menyimpulkan bahwa terdapat
korelasi atau hubungan positif antara kepuasan kerja dengan motivasi
kerja karyawan. Artinya, jika karyawan memiliki nilai kepuasan kerja
tinggi juga diikuti dengan semangat motivasi kerja yang tinggi pula,
atau ketika karyawan merasakan tingkat kepuasan sedang, maka juga
diikuti dengan tingkat motivasi kerja yang sedang dan seterusnya.
Pelatihan ini akan memberikan pemahaman mengenai pentingnya memberikan
motivasi terhadap karyawan guna meningkatkan kepuasan kerja. Kepuasan
kerja yang positif akan berdampak pada produktivitas perusahaan yang
optimal.
Tujuan
Setelah mengikuti pelatihan ini,
diharapkan peserta dapat Memahami pentingnya motivasi yang diberikan
terhadap karyawan dalam suatu perusahaan guna meningkatkan kepuasan
kerja karyawan-karyawan tersebut.
Materi
1. Pengertian Motivasi Kerja
- 2. Teori-Teori Motivasi Kerja
- Teori Kebutuhan
- Teori ERG (Existence, Relatedness, Growth) Alderfer
- Teori Insting
- Teori Drive
- Teori Lapangan
3. Konsep Kepuasan Kerja
4. Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kepuasan Kerja
- Kesempatan untuk maju
- Keamanan Kerja
- Gaji
- Perusahaan dan Manajemen
- Pengawasan (supervisi)
- Faktor Intrinsik Pekerjaan
- Kondisi kerja
- Aspek sosial dalam pekerjaan
- Komunikasi
- Fasilitas
5. Teori-Teori Kepuasan Kerja
- Discrepancy Theory
- Equity Theory
- Two Factor Theory
- Need Fulfillment Theory
- Social Reference Group Theory
- Expentancy theory
6. Hubungan Kepuasan dengan Motivasi Kerja
- Imbalan (gaji) yang diterima;
- Supervisi yang dialami dan dirasakan;
- Peluang-peluang untuk meraih promosi
7. Benchmarking perusahaan-perusahaan yang menerapkan motivasi karyawan
8. Study kasus dan diskusi
Peserta
Training ini diperuntukkan bagi:
Staff, Supervisor, Manager hingga level diatasnya dari divisi Human
Resources, Business Development, Organisational Development atau divisi
lainnya;
Tidak ada komentar:
Posting Komentar