Marketing Mix dan Loyalitas Konsumen
Deskripsi
Loyalitas Konsumen terhadap suatu produk
atau jasa dipengaruhi oleh banyak faktor, salah satu faktor yang
mempengaruhi loyalitas konsumen adalah Bauran Pemasaran (Marketing Mix)
yang terdiri dari Produk (Product), Harga (Price), Promosi (Promotion),
dan Distribusi (Place).
Strategi pemasaran untuk menciptakan
permintaan melalui Loyalitas konsumen dipengaruhi oleh barang atau jasa
yang dibutuhkan konsumen, harga barang atau jasa, upaya mendistribusikan
barang atau jasa dari produsen kepada konsumen dan kegiatan
memperkenalkan kepada konsumen (promosi ). Jelasnya bahwa kegiatan
memasarkan suatu produk dipengaruhi oleh interaksi dari keempat hal
tersebut diatas, dalam buku teks bahasa inggris hal tersebut dinyatakan
dengan istilah marketing mix, marketing mix merupakan campuran (mix)
yakni interaksi dari empat hal tersebut, yaitu produk (product), harga
(price), promosi (promotion) dan distribusi (place). Masing-masing
variabel tersebut berinteraksi satu sama lain guna menciptakan suatu
permintaan terhadap barang atau jasa yang ditawarkan memberikan manfaat,
diterima baik oleh konsumen yang pada ujungnya pelanggan akan menjadi
loyal.
Loyalitas adalah suatu komitmen yang
mendalam untuk membeli kembali atau berlangganan suatu produk atau jasa
secara konsisten dimasa yang akan datang. Sehingga dapat menyebabkan
pengulangan pembelian merk yang sama walaupun ada pengaruh situasi dan
berbagai usaha pemasaran yang berpotensi untuk menyebabkan tindakan
perpindahan merk, perusahaan untuk mendapatkan loyalitas atau kesetiaan
konsumen perlu strategi pemasaran yang tepat dan komplek. Training ini
akan memberikan pengetahuan mengenai konsep marketing mix yang akan
mempengaruhi loyalitas konsumen.
Materi
1. Pengertian Pemasaran2. Manajemen Pemasaran
3. Konsep Pemasaran
- Pasar
- Segmentasi Pasar
- Penetapan Pasar Sasaran
4. Pengertian Marketing Mix
- Produk
- Harga
- Distribusi
- Promosi
5. Loyalitas Konsumen
- Pengertian Loyalitas.
- Pendekatan yang dipakai untuk mempelajari loyalitas merk
- Pnrisip Loyalitas
- Karakter Konsumen Loyal
- Pendekatan Perilaku Konsumen
- Pengukuran Loyalitas
6. Diskusi dan Studi Kasus
Tujuan
Setelah mengikuti pelatihan ini,
diharapkan peserta dapat mengetahui pengaruh produk, harga, distribusi
dan promosi terhadap loyalitas konsumen.
Peserta
Training ini diperuntukkan bagi:
Staff, Supervisor, Manager ataupun level diatasnya dari divisi
Sales, Marketing dan divisi lain yang terkait dengan Optimalisasi
Penjualan;
Tidak ada komentar:
Posting Komentar