CUSTOMER
SATISFACTION
DESKRIPSI
Kepuasan
Pelanggan terhadap suatu perusahaan dipengaruhi oleh seberapa jauh produk dan
pelayanan yang diberikan kepada pelanggan, apakah sudah mampu memenuhi, bahkan
melampaui kebutuhan, keinginan dan harapan pelanggan. Selain itu, pengalaman
pelanggan dalam berinteraksi dengan perusahaan juga akan turut menentukan
perubahan persepsi mereka terhadap perusahaan.
Pengukuran
tingkat kepuasan pelanggan secara berkala, akan dibutuhkan oleh perusahaan guna
mengetahui seberapa jauh performansi perusahaan dalam memenuhi kebutuhan,
keinginan dan harapan pelanggan. Selain itu, perusahaan juga akan mendapatkan
informasi penting mengenai seberapa jauh kekuatan dan kelemahan (gap)
perusahaan dalam berkompetisi, yang tentu sangat penting bagi langkah strategis
ke depan.
Pengukuran
dan manajemen tingkat kepuasan pelanggan menjadi sangat penting bagi perusahaan
untuk membangun kesuksesan usaha, hingga tuntutan untuk memantau dan
mengevaluasi persepsi pelanggan terhadap produk dan pelayanan secara teratur
menjadi salah satu persyaratan di dalam ISO 9001:2000.
Sasaran
& Manfaat
Memahami
kepuasan pelanggan dan perlunya melakukan pengukuran
Memahami
tahap-tahapan inti di dalam pengukuran kepuasan pelanggan, mulai dari teknik
mendesain kuesioner, melakukan survei, menganalisis dan menginterpretasikan
data, hingga memanfaatkan seluruh hasilnya untuk strategi improvement sesuai
dengan kebutuhan dan kondisi perusahaan
MATERI
·
Kepuasan dan
Loyalitas Pelanggan
·
Pengukuran Kepuasan
Pelanggan : Keperluan dan Sasaran, serta kaitannya dengan implementasi ISO
9001:2000
·
Identifikasi
Pelanggan dan Titik Interaksinya
·
Dimensi Kepuasan
Produk dan Pelayanan
·
Mendesain Kuesioner
dan Pengujiannya
·
7 Sampling: Tipe
dan Ukurannya
·
Analisis dan
Interpretasi Data (Statistik)
·
Strategi
Improvement dan Action PlanMetoda PelatihanKonsep, Contoh, Latihan dan Simulasi
Komputer, Evaluasi dan Rencana Implementasi
PESERTA
Customer
Service, Quality Assurance, Marketing, Production, serta pihak-pihak lain yang
bertanggung jawab terhadap kepuasan pelanggan
Tidak ada komentar:
Posting Komentar